Tuesday, June 7, 2011

Unta Lewat Lobang Jarum?

Matius 19:23-24
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
Perumpamaan unta melalui lobang jarum sering menimbulkan kebingungan bagi banyak anak Tuhan. Yang dimaksud Tuhan Yesus bukanlah lobang jarum jahit, tentu saja tidak ada unta yang dapat melaluinya. Pada zaman dahulu kota-kota dikelilingi oleh tembok kota, dan pada malam hari tembok kota selalu ditutup. Hanya ada satu pintu kecil yang dibuka supaya orang-orang dapat melaluinya. Pintu inilah yang disebut dengan lobang jarum.
Lobang jarum tersebut sedemikian kecil ukurannya sehingga hanya ada satu cara seekor onta dapat melalui lobang jarum ini. Cara tersebut yaitu dengan menanggalkan semua beban yang dipikulnya, dan menanggalkan semua perhiasan yang dipakai oleh onta. Setelah itu si pemilik onta harus membuat ia berpose duduk / menunduk, dan kemudian mendorong onta tersebut dari belakang sampai onta tersebut melalui lobang jarum.
Demikian juga setiap orang yang ingin masuk ke dalam Kerajaan Allah. Orang tersebut harus (1) menanggalkan semua beban dan dosa, (2) menanggalkan semua kemuliaan duniawi, dan (3) menaklukkan diri di bawah kedaulatan Tuhan.
Sedemikian beratnya perjuangan untuk mendapatkan keselamatan, sehingga Tuhan Yesus mengumpamakannya sebagai kehilangan nyawa.
Matius 10:39
Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.
Tentu saja ayat 'unta melalui lobang jarum' ini bukan hanya berlaku untuk orang kaya atau berharta saja, tapi juga untuk orang miskin yang ingin kaya.

2 comments:

  1. ya ya ya... mari melewati lobang jarum.. :p
    but its a good explanation bro! :)

    ReplyDelete
  2. ule bisa gak ne masuk lobang jarum..kudu jogging tiap hari he3

    ReplyDelete