Monday, December 21, 2015

Apakah Tuhan orang Kristen KKR benar-benar menyembuhkan?

Seorang teman bertanya tentang seorang yang mengaku nabi dari afrika. Apakah dia asli diutus Tuhan? Cukup mudah jawabnya dengan menggunakan google, maka akan terlihat banyak artikel yang menunjukkan kepalsuan dari nabi tersebut. Ada satu website diantara yang lain yang saya lihat cukup lengkap mengupas trik dari orang yang mengaku nabi ini.

https://tbjoshuawatch.wordpress.com/2012/06/17/the-tricks-behind-tb-joshuas-prophecies-revealed/

Karena selain bernubuat, orang mengaku nabi ini juga 'menyembuhkan', apakah ada efek untuk orang yang 'disembuhkan' nya?

Sepanjang pengamatan saya, paling tidak ada beberapa penyebab dari kesembuhan:
1. Kesembuhan terjadi secara ilahi, dan benar dari Tuhan.
2. Kesembuhan terjadi secara natural, misalnya selain berdoa orang itu jg minum obat. Efek kesembuhan terjadi karena obat, atau karena antibodi, dll, jadi bukan karena mujizat.
Kesaksian dari kesembuhan jenis ini terkadang dilebih2kan dan ingin diaku menjadi kesembuhan jenis no 1.
3. Efek plasebo. Dikarenakan atmosfer konser / KKR yang memompa adrenalin, atau karena perkataan berulang2 - hipnotis, maka terjadi kesembuhan sementara. Setelah beberapa saat, maka efek nya akan wear off.
4. Trik yang digunakan pengkhotbah supaya seakan2 sembuh, padahal tidak terjadi apa2.
Hal ini juga diperparah karena ajaran 'mengimani maka terjadi', sehingga banyak orang yang merasa-rasa dirinya sembuh dan mengaku-aku dirinya sembuh padahal tidak.
Ada dua video yang saya lihat bagus soal ini, yang pertama darren brown - miracles for sale. http://m.youtube.com/watch?v=iuP5uOI7Xwc
Lalu untuk citarasa lokal, google bengcumenggugat yang banyak mengupas trik ini di seorang pendeta lokal yang terkenal. [Catatan: teologia dari website ini tidak disetujui penulis, tapi untuk hal trik kesembuhan banyak hal yang penulis setujui]
5. Kesembuhan berasal dari kuasa lain yang bukan dari Tuhan.

Sepanjang pengamatan penulis, yang paling sering terjadi di dunia Kristen karismatik / pentakosta adalah no 2, 3, atau 4.
Untuk no 1, ketika awal di jaman Tuhan Yesus dan jaman rasul2, sangat lah penting terjadi mujizat dan kesembuhan menyertai dimana mereka memberitakan injil. Hal ini disebabkan orang2 yang pertama mendengar ajaran mereka dapat lebih diyakinkan dengan adanya tanda dan mujizat. Bila ditarik ke zaman ini, mungkin bisa disamakan dengan orang2 yang pergi menginjili ke suku2 terasing atau pedalaman. Biasanya tanda dan mujizat dapat menyertai mereka, walaupun bukan suatu janji pasti.
Sebagai catatan kesembuhan dari Tuhan masih ada dan masih terjadi hari ini. Tidak lah hal yang mustahil untuk Tuhan dapat menyembuhkan.
Tetapi hal yang perlu diingat:
1. Kesembuhan dari Tuhan itu sembuh total, bukan sembuh sementara.
2. Orang yang pengajaran nya bertentangan dengan Alkitab - bukan berasal dari Tuhan. Maka kesembuhan melalui orang itu juga bukan dari Tuhan adanya.

Apa akibatnya bila terjadi kesembuhan yang bukan berasal dari Tuhan?
1. Bila gejala nya sepele dan efek nya hilang maka tidak akan terjadi hal serius.
Misal: kaki keseleo, setelah didoakan seakan2 sembuh, lalu balik sakit lagi. Sebenarnya bila diistirahatkan kaki keseleo ya akan sembuh sendiri. (Note: kunjungi dokter atau praktisi kesehatan lain bila tidak kunjung sembuh).
Untuk jenis ini tidak ada efek apapun, kecuali akibat no 4.
2. Sakit nya parah dan tidak kunjung 'disembuhkan'. Bisa berakibat kecewa pada Tuhan atau kecewa pada diri akibat kurang 'beriman'. Ada satu video kesaksian yang bagus sekali - dalam bahasa inggris - dimana wanita ini kecewa pada Tuhan akibat tidak kunjung disembuhkan, tapi akhirnya ia mengerti bahwa Tuhan tidak pernah menjanjikan kesembuhan fisik. Yang Tuhan janjikan adalah keselamatan jiwa. http://m.youtube.com/watch?v=NI22o5u32z0
3. Yang lebih ekstrim lagi adalah karena pendeta mengajarkan ngawur, ditambah orang ini banyak 'dinubuatkan' akan sembuh, dan merasa sudah sembuh, atau 'beriman' maka ia menghentikan pengobatan. Akibatnya bisa fatal. Lihat artikel ini - dalam bahasa inggris. https://aaronho1974.wordpress.com/2015/10/26/joseph-princes-theology-an-encounter/
4. Yang paling parah dari semua adalah orang2 yang mencari kesembuhan fisik tidak mendapatkan injil yang benar. Tuhan tidak pernah menjanjikan kesembuhan fisik di dunia sekarang, Tuhan menjanjikan keselamatan jiwa. Pengorbanan nya di kayu salib bukan supaya kita healthy, wealthy, happy. Kita tidak perlu memperkatakan iman untuk mendapatkan kesembuhan.
Pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib adalah untuk membayar semua dosa kita. Kita yang di bawah murka Tuhan diperdamaikan lewat kematian nya. Dan lewat kebangkitannya kita diselamatkan.

Bagaimana kita menyikapi apabila kita atau orang terkasih kita sakit?
1. Berdoalah untuk orang yang sakit. Alkitab berkata bagi kita untuk berdoa bagi orang sakit, tapi berdoa sejatinya adalah permintaan pada Tuhan bukan menyuruh2 Tuhan. Pelajari janji di alkitab sebelum kita klaim2 janji yang tidak pernah dijanjikannya.
2. Bila mereka memiliki sakit yang serius / kritis, segera cari pertolongan profesional (dokter atau rumah sakit).
3. Bertanggung jawab dengan kesehatan kita, bila sakit pergi ke dokter atau praktisi kesehatan lain.
4. Miliki gaya hidup sehat. Tidak lah bertanggung jawab kalau kita makan nya asal2an, lalu kita minta Tuhan menyembuhkan ketika kita sakit akibat itu. Kita lakukan yang menjadi tanggung jawab kita, dan untuk hal2 yang tidak bisa kita kerjakan, Tuhan akan lakukan bagian-Nya.
Apabila pun Tuhan tidak menyembuhkan keadaan kita atau orang terkasih, kita tidak menyalahkan Tuhan atau berkata Tuhan tidak adil.

Tambahan: Silakan baca link ini - dalam bahasa inggris - untuk pembahasan bahwa sesungguhnya Tuhan tidak pernah menjanjikan kesembuhan fisik di dunia saat ini.
http://cicministry.org/commentary/issue14.htm

No comments:

Post a Comment