Friday, May 6, 2011

4th


March 9th, 2008 by jo2
Kesepian..
Apa arti sahabat dalam diri anda?
Pertanyaan ini dilontarkan ketika komsel. Bagiku pertanyaan ini lebih terdengar seperti Apa kamu punya sahabat? Hmm.. Apa sih arti sahabat bagi diriku? Teman, lebih dekat dari teman, tempat dimana aku curhat, atau apa? Tapi ada arti dari sahabat yang aku suka, yaitu orang dengan siapa kita bisa melepaskan topeng kita. Dengan sahabat kita bisa mengatakan apapun yang kita mau, menjadi diri kita yang sebenarnya, tanpa merasa malu, tanpa merasa takut kehilangan, dan tau sahabat akan selalu ada bersama kita.

Kesepian bagi diriku tergambar paling jelas ketika aku melihat tokoh Garra dalam anime Naruto. (HaHa apa aku masih layak nonton film seperti ini ^_^). Garra terlahir tidak punya keluarga, tidak punya siapa-siapa. Seluruh desa membencinya dengan alasan yang ia tidak dapat mengerti. Satu-satunya yang masih menyayanginya hanyalah pengasuhnya. Tragisnya, di saat dimana Garra mulai mempercayai pengasuhnya, saat ia mulai merasakan kasih dan paling rapuh, pengasuhnya berusaha membunuhnya, dan mengatakan kenyataan pahit bahwa sebenarnya ia membenci Garra. Di saat seperti itu, bagi Garra, artinya seluruh dunia membencinya. Akh, rasanya seperti mau mati saja. Tidak heran manusia disebut makhluk sosial.
Ada anggapan yang bilang kalau kamu kesepian, ingatlah kalau kamu punya Roh KUdus yang selalu menemani kamu, dari dalam. Iya betul, aku percaya Roh Kudus selalu ada di dalamku dan menjadi penghiburku. Hanya saja aku ingat kisah ketika Adam diciptakan dan kesepian. Saat itu Adam bersekutu erat sama Tuhan, Tuhan sudah berteman dengan Adam. Tapi saat itupun Adam masih merasa kesepian, dan solusinya Tuhan menciptakan Hawa. Bukan seorang Adam lain, bukan Tuhan sendiri. Jadi aku berkesimpulan kalau ada titik-titik dimana bahkan Tuhan sendiripun tidak dapat memenuhi kebutuhan kita. Seperti manusia membutuhkan Tuhan, manusia juga membutuhkan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya. Saya tidak cuma bicara tentang prokreasi, tapi lebih dari itu, tentang kebutuhan jiwa setiap manusia.
Jadi apa yang aku pelajari hari ini… Setiap manusia memeiliki saat saat dimana ia kesepian dan saat seperti itu ia membutuhkan teman. Dan bukan cuma itu saja. Setiap orang juga memiliki saat-saat dimana ia berbahagia dan saat seperti itu juga ia membutuhkan teman untuk berbagi kebahagiaan.
Be a better friend. Thank God for all the friends that you had. have, and will have.

1 comment: