Saturday, May 14, 2011

Masalah bukan masalah

Rom 8:28
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Kenapa masalah demi masalah selalu silih berganti ada dalam hidup kita? Apabila bukan masalah pekerjaan, karier, mungkin masalah jodoh, pasangan hidup, masalah rumah tangga, masalah finansial, mungkin masalah kesehatan, sakit penyakit, masalah keluarga, dan banyak lagi. Sebenarnya apa yang Tuhan ingin bentuk dalam hidup kita melalui masalah-masalah itu?

Satu hal yang aku pelajari melalui ayat di atas, bahwa Allah turut bekerja melalui masalah yang kita hadapi. Ini berarti juga bahwa Allah juga yang turut menyebabkan (atau tepatnya mengizinkan) masalah tersebut menimpa kita. Dan apabila kita melihat satu ayat setelah ayat di atas, maka kita akan tau tujuan Allah mengizinkan masalah di dalam hidup kita.

Roma 8:29
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Singkatnya, ada rencana Allah di balik semua masalah kita (ay. 28). Dan di ayat 29 ditulis bahwa rencana-Nya adalah supaya kita menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya. Dan supaya Ia menjadi yang sulung, yaitu menjadi teladan kita. Teladan apakah itu? Teladan ketaatan mutlak kepada Sang Bapa.

Sesungguhnya setiap masalah jasmani yang disebutkan di atas, bukanlah masalah bagi Allah semesta alam. Untuk saya pribadi, setiap masalah jasmani yang diizinkannya adalah untuk melatih jiwa saya. Agar melalui mereka, jiwa saya dikuatkan, didewasakan. Saya akan bertanggung jawab, saya akan bekerja berusaha sebaik mungkin. Dan saya yakin, apabila saya telah mempelajari pelajaran yang Tuhan beritahu melalui masalah itu, maka badai pasti berlalu.

Maka untuk segala masalah jasmani Tuhan memberikan ayat ini.

1Kor 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya

Untuk itu janganlah lagi berdoa meminta agar masalah ini berlalu. Berdoalah meminta agar melalui masalah ini kita dikuatkan. Cari tahu apa yang Tuhan inginkan agar kita pelajari melaului masalah ini. Dan bagikanlah kebenaran yang telah dipelajari agar semakin banyak orang di sekitar kita yang terberkati.

Bila melihat dari perspektif Tuhan, maka setiap masalah jasmani bukanlah masalah di hadapan-Nya. Berusahalah semaksimal mungkin, bekerjalah segiat mungkin, dan persembahkanlah semua yang kita capai kepada Raja segala raja. Yang menjadi masalah kita yang sebenarnya adalah: apakah hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya? Apakah kita telah berjalan benar sesuai dengan rencana-Nya? Dan bila hidup ini adalah sekolah, bagaimana raporku di mata-Nya?

Itulah masalah kita yang sebenarnya. Dan yang kita anggap masalah kita selama ini sesungguhnya bukanlah masalah..

No comments:

Post a Comment